Contoh Teks Eksplanasi Hujan Dan Strukturnya

HUJAN



          Pada musim hujan, dibeberapa daerah di Indonesia sering mengalami bencana banjir. Seperti yang terjadi di Kabupaten Gresik khususnya di Kecamatan Cerme, Benjeng, dan Menganti yang hampir setiap tahun dilanda banjir. Salah satu faktor penyebab banjir ialah intensitas hujan yang relatif tinggi. Hujan adalah peristiwa jatunya butir-butir air dari langit ke permukaan bumi yang ditarik oleh gaya gravitasi bumi.
         Proses umum terjadinya hujan diawali oleh proses penguapan air laut akibat terkena panas matahari. Uap yang dihasilkan akan menuju ke atas sampai terjadi kondensasi sehingga terbentuk awan. Awan-awan yang terbentuk akan terbawa oleh angin menuju ke daratan. Ketika awan satu dengan awan lainnya bertemu, maka akan membentuk awan yang lebih besar dan suhunya bertambah dingin. Awan yang tak kuat menahan muatannya, yaitu kristal es dan butiran air akan menjatuhkan muatan tersebut, maka terjadilah hujan.

        Hujan yang saya amati ditandai dengan datangnya kumpulan awan abu-abu di langit yang lama-kelamaan warnanya berubah menjadi cenderung kehitaman.Sekitar 30 menit kemudian, hujan turun. Tumbuh-tumbuhan, jalanan, dan benda-benda lain yang sebelumnya kering menjadi basah akibat guyuran hujan. Tak lama kemudian, hujan turun dengan intensitas yang lebih besar yang disertai angin kencang selama kurang lebih 10 menit. Hujan lebat tersebut mengakibatkan pohon tumbang dan beberapa genangan air di jalan.Kemudian hujan kembali turun dengan intensitas ringan. Sekitar pukul 17.50 WIB hujan pun berhenti.
Tumbuh-tumbuhan membutuhkan air hujan agar airnya meresap ke tanah kemudian menjadi sumber air bagi tumbuh-tumbuhan tersebut. Petani juga membutuhkan air hujan untuk pengairan di lahan pertaniannya. Hujan tidak selalu berakibat buruk bagi lingkungan, karena hujan juga dibutuhkan oleh makhluk hidup yang ada di permukaan bumi.

Struktur teks : Paragraf 1     = Definisi umum
                       Paragraf 2-3 = Deretan Penjelas
                       Paragraf 4    = Interpretasi

23 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Ini Jenis Teks Eksplanasi Apa?

    ReplyDelete
  3. False salah soalnya didalam nya terdapat Waktu padahalan hujan turun bisa sajah hingga 1 hari

    ReplyDelete